Minggu, 03 April 2011

Menggelar web


Menggelar Web - Ilmu Web operasionalisasi untuk Dunia Perdagangan Internasional
(strategi bisnis, konsep dasar system informasi, cloud infrastruktur computer, kebijakan dan pasar online)
A.      STRATEGI BISNIS
Dalam konteks ini terdapat tiga jurus strategi yang acapkali diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan kelas dunia. Jurus yang pertama adalah pilihan strategi yang berorientasi pada product leadership (keunggulan produk). Perusahaan pada kategori ini selalu berupaya menciptakan produk-produk dengan kualitas premium, dan selalu one step ahead dibanding produk kompetitor. Mereka tak segan-segan mengeluarkan dana besar untuk bagian R & D-nya demi terciptanya produk yang ciamik. Intel yang terkenal dengan seri Pentium-nya mungkin contoh yang paling sempurna untuk kategori ini. Atau juga perusahaan-perusahaan adibusana seperti Louis Vuitton yang tenar dengan produk tas-nya. Dan tentu saja, kita mesti menunjuk BMW dan Ferarri, dua produsen otomotif yang selalu menciptakan produk-produk legendaris nan menawan.
Jurus strategi yang kedua adalah pilihan yang berorientasi pada operational excellence (keunggulan operasional). Bagi perusahaan dalam kategori ini, yang paling utama adalah membangun proses bisnis yang super efisien. Harapannya, dengan efisiensi proses ini, mereka mampu menekan ongkos produksi, dan ujung-ujungnya bakal mampu menjual produknya dengan harga yang lebih kompetitif. Dell, perusahaan komputer asal Texas itu, merupakan sampel yang layak disebut dalam kategori ini. Dengan model dan proses bisnis yang amat efisien, mereka mampu menciptakan produk-produk desktop dengan harga yang lebih komptetitif dibanding para pesaingnya, semacam IBM dan HP.
Jurus yang terakhir adalah pilihan strategi yang mengacu pada customer intimacy (keintiman dengan pelanggan). Bagi perusahaan dalam kategori ini, yang paling utama adalah membangun hubungan yang intim dengan para pelanggannya; dengan harapan akan tercipta relasi yang langgeng. Banyak perusahaan di bidang perhotelan dan juga penerbangan yang melakoni strategi ini demi membangun loyalitas para pelangggannya. Harley Davidson juga amat terkenal memiliki hubungan yang luar biasa intim dengan para pemakainya; sehingga mereka bisa membangun fanatisme yang amat intens dengan jutaan penggemarnya di seluruh jagat.
Tentu saja, banyak perusahaan yang juga mengkombinasikan beragam jurus itu, dan tidak hanya berfokus pada satu jurus. Honda misalnya, selain dikenal memiliki produk-produk yang unggul, juga dikenal memiliki proses bisnis yang amat efisien. Demikian juga, Singapore Airline. Selain memiliki produk penerbangan yang ciamik, mereka juga memiliki keahlian dalam membangun hubungan yang intim dengan para pelanggannya.
Demikianlah, tiga jurus strategi bisnis yang layak dikedepankan. Deretan jurus yang bila dipentaskan dengan presisi yang tinggi dijamin akan menghantarkan sang pemainnya dalam bahtera keunggulan.
B.      KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI

A.    KONSEP DASAR SISTEM
Suatu sistem pada dasarnya adalah sekolompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.Secara sederhana, suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu. Dari defenisi ini dapat dirinci lebih lanjut pengertian sistem secara umu, yaitu :
1. Setiap sistem terdiri dari unsur-unsur
2.Unsur-unsur tersebut merupakan bagian terpadu sistem yang bersangkutan.
3. Unsur sistem tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem.
4. Suatu sistem merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar.

B. KONSEP DASAR INFORMASI

Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi merupakan data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasi untuk digunakan dalam proses pengabilan keputusan.

C. KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI

Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan. Sistem informasi dalam suatu organisasi dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang
menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan. Sistem ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya.
Berikut beragam definisi sistem informasi :
1. Turban, McLean, dan Wetherbe (1999)
Sistem informasi adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
2. Bodnar dan HopWood (1993)
Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
3. Alter (1992)
Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah perusahaan.

C.     CLOUD INFRASTRUKTUR KOMPUTER
Cloud computing mengacu pada penyediaan sumber daya komputasi on demand melalui jaringan komputer .
Komputasi awan dapat dibandingkan dengan penyediaan listrik dan gas, atau penyediaan telepon, televisi, dan layanan pos.. Semua layanan ini disajikan ke pengguna dengan cara yang sederhana yang mudah dipahami tanpa pengguna perlu untuk mengetahui bagaimana layanan yang disediakan. Demikian pula, komputasi awan menawarkan pengembang aplikasi komputer dan pengguna pandangan abstrak layanan yang menyederhanakan dan mengabaikan banyak rincian dan pekerjaan batin.
Bagaimana cara kerjanya
Ketika pengguna mengakses awan untuk sebuah website populer, banyak hal yang bisa terjadi. Pengguna alamat IP , misalnya, dapat digunakan untuk menetapkan dimana pengguna berada ( geolocation ). DNS jasa kemudian dapat mengarahkan pengguna ke sebuah cluster server yang dekat dengan pengguna sehingga situs bisa diakses dengan cepat dan dalam bahasa lokal pengguna. Pengguna tidak login ke server, tetapi mereka masuk ke layanan mereka menggunakan dengan mendapatkan id sesi atau cookie , yang disimpan dalam mereka browser .
Apa yang user melihat pada browser biasanya berasal dari sekelompok web server. Web server menjalankan user interface perangkat lunak yang mengumpulkan perintah dari pengguna (klik mouse, penekanan tombol, upload, dll) dan menafsirkan merekaInformasi kemudian disimpan pada atau diambil dari database server atau file server dan halaman diperbarui ditampilkan kepada pengguna. Data di beberapa server adalah disinkronisasikan di seluruh dunia untuk akses global cepat.
Deskripsi Teknis
Cloud computing adalah komputasi, perangkat lunak, akses data, dan jasa penyimpanan yang tidak memerlukan pengetahuan akhir-pengguna lokasi fisik dan konfigurasi dari sistem yang memberikan layanan. Paralel dengan konsep ini dapat ditarik dengan jaringan listrik di mana pengguna akhir mengkonsumsi sumber daya listrik tanpa pemahaman yang diperlukan dari perangkat komponen pada kotak yang diperlukan untuk menyediakan layanan.
Cloud computing menggambarkan suplemen baru, konsumsi, dan model pengiriman untuk TI jasa berdasarkan protokol internet, dan biasanya melibatkan provisioning dinamis scalable sering virtualisasi sumber daya dan. Ini adalah produk sampingan dan konsekuensi dari kemudahan -akses ke remote komputer situs yang disediakan oleh Internet. Hal ini sering mengambil bentuk alat berbasis web atau aplikasi yang pengguna dapat mengakses dan menggunakan melalui browser web seolah-olah mereka program yang diinstal secara lokal pada komputer mereka sendiri.
Lembaga Nasional Standar dan Teknologi ( NIST ) menyediakan agak lebih obyektif dan spesifik definisi:
Cloud computing adalah model untuk memungkinkan nyaman, on-demand akses jaringan ke kolam renang bersama sumber daya komputasi dikonfigurasi (misalnya, jaringan, server, penyimpanan, aplikasi, dan jasa) yang dapat dengan cepat ditetapkan dan dirilis dengan upaya manajemen minimal atau penyedia layanan interaksi.
komputasi awan penyedia Khas memberikan umum aplikasi bisnis online yang diakses dari yang lain layanan Web atau perangkat lunak seperti Web browser , sedangkan perangkat lunak dan data yang tersimpan pada server .
Sebagian besar infrastruktur komputasi awan terdiri dari pelayanan yang diberikan melalui pusat umum dan built-di server. Awan sering muncul sebagai titik akses tunggal untuk memenuhi kebutuhan komputasi konsumen. penawaran komersial umumnya diharapkan untuk memenuhi kualitas layanan (QoS) persyaratan pelanggan, dan biasanya mencakup tingkat perjanjian layanan (SLA).
D.    KEBIJAKAN
Kebijakan Nama Domain .web.id
1.  Ketentuan Umum
  • Pendaftar di bawah DTD-WEB.ID bertindak atas nama organisasi yang bersangkutan.
  • Pendaftar dianggap telah memiliki kemampuan teknis yang cukup, dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, serta mengerti dampak dari proses pendaftaran DTD-WEB.ID.
  • Pengelola DTD-WEB.ID tidak berkewajiban dan tidak bertanggungjawab dalam pengurusan alamat IP, in-addr domain, serta konektivitas ke internet.
  • Pengelola DTD-WEB.ID tidak berkewajiban untuk memberikan bantuan serta penerangan teknis yang berkaitan dengan pendelegasian  domain. Hal tersebut di atas merupakan kewajiban para Penyelenggara Jasa Internet (PJI) yang ditunjuk oleh organisasi yang bersangkutan.
  • Pendaftaran berdasarkan ‘First Come First Served’.
2. Ketentuan Khusus
  • DTD-WEB.ID ditujukan bagi organisasi umum atau pribadi diluar ac, co, go, net, or, sch, mil .
  • Dokumen identitas yang dapat digunakan untuk pendaftaran ialah:
    • Surat Keterangan Organisasi
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau
    • Surat Izin Mengemudi (SIM), atau
    • Passport.
  • Perusahaan asing yang ingin mendaftarkan domain di DTD-WEB.ID harus menggunakan Identitas yang berlaku di Indonesia, seperti KTP. Jika tidak memiliki Identitas yang berlaku di Indonesia, silakan mendaftarkan domain di DTD-WEB.ID melalui konsultan Indonesia.
3. Ketentuan Penamaan
  • Penamaan dan pengelolaan domain dibawah DTD-WEB.ID sepenuhnya wewenang pimpinan organisasi yang bersangkutan melalui pejabat yang ditunjuk. Yang dimaksud dengan pimpinan organisasi ialah pemegan sah dari ‘identitas’ yang didaftarkan dalam formulir. Yang dimaksud dengan pejabat yang ditunjuk ialah nama yang tercantum dalam ‘admin-kontak’. Dalam pengoperasian sehari-hari, pejabat ‘admin-kontak’ diwakili oleh ‘teknis-kontak’. Hingga pimpinan organisasi menentukan lain, pendaftaran pertama dapat dilakukan oleh siapa saja yang mewakili ‘kontak-teknis’. Pengelola DTD-WEB.ID tidak bertanggung-jawab atas perselisihan internal yang mungkin akan terjadi atas wewenang pengelolaan domain yang didelegasikan. Hingga pimpinan organisasi menentukan lain, pengelola menganggap sah, keterangan dari pendaftaran pertama kali. Seperti halnya yang tercantum dalam RFC-1591, pengelola DTT (Domain Tingkat Tertinggi), mau pun pengelola DTD-WEB.ID, tidak bertanggung jawab dan tidak berperan selain dari pencatatan atas pendelegasian nama dari domain yang diminta.
4. Kriteria pemilihan nama domain
  • Pilih nama domain yang singkat dan jelas.
  • Ada kaitan jelas antara nama domain dengan nama organisasi yang didaftarkan.
  • Tidak menggunakan nama yang menunjukkan nama geografis.
  • Tidak melanggar HaKI.
  • Tidak menggunakan kata-kata yang menimbulkan dampak SARA.
  • Tidak menggunakan kata-kata yang melanggar norma-norma dan kaidah hukum dan agama yang berlaku di Indonesia.
  • Nama domain terdiri dari Alphabet “A-Z”,”a-z”, angka “0-9″, dan karakter  “-”. (RFC819)
  • Nama domain selalu diawali dengan alphabet. (RFC819)
  • Nama domain minimum dua karakter
  • Direkomendasikan panjang nama domain tidak lebih dari 26 karakter.
5. Perselisihan
  • Jika data-data yang diberikan tidak akurat (bohong) maka penggunaan domain bisa  ditinjau kembali (dicabut).
  • Jika terjadi perselisihan, maka penggunaan domain dibekukan sampai masalah terselesaikan.
  • Pengelola DTD berhak penuh untuk melakukan tindakan yang perlu, seperti mencabut, membekukan, dan lain-lain, atas domain yang telah didelegasikan
  • Apabila ada pendaftaran nama domain yang diperkirakan akan menimbulkan masalah dan tidak/belum dapat diselesaikan oleh pengelola, maka masalah tersebut akan di bawa ke komunitas DT2- WEB.ID
  • Ketentuan pendaftaran ini, sewaktu-waktu dapat berubah.
E.     PERATURAN DAN PENGAMANAN

Jakarta - Internet banking, e-government, dan industri lainnya yang berbasis komputasi awan membutuhkan kesadaran lebih tentang pentingnya menjaga keamanan aplikasi web. Sebab, kegagalan dalam mengamankan bisa berakibat fatal.

Demikian dipaparkan Chief Information Officer Telkom Indra Utoyo di sela Web Application Security Conference 2010. Menurutnya, kegagalan dalam mengamankan aplikasi web memiliki konsekuensi serius seperti kerugian finansial atau bocornya informasi.

"Ujung-ujungnya bisa mengakibatkan kerugian signifikan sebuah perusahaan," kata Indra dalam keterangan tertulis yang dirilis ITSec Asia, di Jakarta, Senin (20/12/2010).

Mengamankan aplikasi web memang tidak mudah. Seperti dikatakan Indra, dibutuhkan kesadaran keamanan pada semua tingkatan dalam perusahaan, mulai dari pengembang, eksekutif, sampai pengguna.

Sementara, Marek Bialoglowy, Chief Technology Officer ITSEC Asia menuturkan bahwa pengamanan aplikasi Web seperti Internet Banking, e-government, adalah instrumen yang sangat penting.

"Para pengembang aplikasi Web perlu mendapatkan pengembangan teknologi keamanan pada apa yang mereka bangun. Itulah sebabnya konferensi ITSec Asia diadakan sebagai salah satu wadah bertukar informasi," kata Bialoglowy.

konferensi Web App Sec 2010 diselenggarakan oleh ITSEC Asia untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keamanan aplikasi web, termasuk Internet Banking, e-pemerintah, atau dalam komputasi awan. Forum ini memang memfokuskan diri pada aspek keamanan dari seluruh instrumen yang ada dalam aplikasi web.

Terdapat enam pembicara pakar yang turut berpartisipasi dalam konferensi ini, termasuk Indra Utoyo, Marek Bialoglowy, Nor Ramzani Abdul Rahim (chief technical director PT Scan Nusantara), Ruhimat (CISA Manager-Veda Praxis) ,Sheran Gunasekera (Zenzonsult), Michael Sargent (Technical Advisor PT Scan Nusantara), Ariesto Kosasih.

Sumber : detikinet.com

F.      PASAR ONLINE
Pasar online  banyak yang belum mengenal, pasar online lebih dikenal dengan istilah online business or bisnis online.  lebih dalam tentang itu akan dibahas pada tulisan berikutnya yaitu e-business dan e-commerce. pada kesempatan ini penulis batasi pada apa itu pasar online dan apa yang menjadi keunggulannya saja.
Dahulu definisi pasar adalah sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk bertransaksi, sekarang apakah definisi tersebut masih tepat di era online. pada pasar tradisional hal itu ada benarnya, tapi pada pasar online mungkin perlu dirubah. apa pasalnya ???
Tempat
pada pasar online atau proses jual beli di dunia maya, tidak harus kok transaksi itu harus di suatu tempat khusus seperti pasar tradisional, hanya di depan laptop atau pc kita, dan dimana saja posisi kita, kita bisa membeli,yang penting kita terkoneksi dengan internet.
Bertemu
bertemunya penjual atau produsen dengan pembeli adalah bukan keharusan di pasar online, bahkan tidak diperlukan karena menjadi tidak efektif dan efisiensi.  hitung saja berap dana, waktu dan pikiran yg harus diluangkan untuk bertemu, iya kalo deket…nah kalo jauh. pasar online tidak mengharuskan bertemu, anda atau kita bisa langsung bertransaksi membeli barang yg kita inginkan dengan model pembayaran online juga. untuk bisa ikut menikmati pasar online anda musti punya rekening di jagad maya, mudah kok, free of charge lagi. beberapa bank di dunia maya seperti paypal, e-bay, alertpay, egold dan lain sebagainya. untuk member syaratnya mudah kok. jika anda sudah memiliki, maka selamat bertransaksi tanpa harus bertemu dengan produsen atau agennya. mudah kan ?
Transaksi
Transaksi di pasar online sangat mudah, dan beberapa produk di negeri orang sana harganya bisa kita dapatkan lebih murah lho….yg penting kita buka rekening dulu di bank di jagad maya. transaksi mudah dan bukti transaksi tertulis ada dan akan langsung di send via email ke email kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi Guys, Udah lama gak ngeblog, Now, I am back ^_^ Mau berbagi pengalaman sedikit tentang persiapan merried kemarin, gue akan...