Rabu, 03 April 2013

Website perusahaan yang menggunakan komputasi Modern yang terdapat pada PT. PLN



Pada semester ini, saya di beri kesempatan untuk membahas mengenai komputasi modern  untuk suatu perusahaan. Sebelum membahas lebih jauh tentang komputasi modern, mari kita cari tahu apa yang di maksud dengan komputasi modern?
Komputasi modern adalah Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Komputasi merupakan subbagian dari matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental dan kadang-kadang menggunakan tabel.
         
Komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :

Akurasi (bit, Floating poin)
1. Kecepatan (Dalam satuan Hz)
2. Problem volume besar (Down sizing atau paralel)
3. Modeling (NN dan GA)
4. Kompleksitas (Menggunakan teori Big O)

         Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).

           Jadi,dapat disimpulkan bahwa komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern.

Nah, baru kita masuk pada website perusahaan yang menggunakan komputasi modern yaitu pada PT.PLN persero. Di dalam website PT.PLN persero mengunakan layanan online untuk Cek tagihan Rekening, dengan menggunakan ID pelanggan seperti ini :
 

Selanjutnya PT.PLN juga  bisa melakukan pemasangan listik baru dengan mengisi data-data seperti berikut :
 


Selanjutnya bisa juga melakukan perubahan daya/ migrasi online sebagai berikut :


Selanjutnya bisa melakukan sambungan sementara secara online :

Bisa juga melakukan simulasi rekening listrik sebagai berikut : 

Pada website PT.PLN ini juga bisa di ketahui tentang unit PLN yang berada diseluruh wilayah Indonesia, ini berfungsi untuk memudahkan pemakai dalam mengetahui tempat-tempat terdekat PLN.

Kelebihan : Itulah contoh website yang menggunakan komputasi modern yang fungsinya untuk mempermudah pelanggang untuk melakukan transaksi juga, dengn menggunakan system penyimpanan memori pada computer.  
Kekurangan : tidak bisa melakukan pembayaran listrik secara online agar lebih mumudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran tagihan listrik.

Sumber :
http://www.pln.co.id/?p=127
http://adit2602.blogspot.com/2013/03/komputasi-modern-pada-website.html



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi Guys, Udah lama gak ngeblog, Now, I am back ^_^ Mau berbagi pengalaman sedikit tentang persiapan merried kemarin, gue akan...